Teori Difusi Inovasi dalam Ilmu Komunikasi

Tuesday, 10 March 2015 0 comments
A. Asal usul Teori Difusi Inovasi
    - Paul Laarfeld, Bernard Borelson dan H Gaudet, 1944 "people choice"
    - Kajian tentang peran pemimpin opini
    - Inovasi > media > pemimpin opini > khalayak

B. Pengertian Difusi Inovasi
    - Proses dimana penemuan disebarkan ada masayarakat yang menjadi anggota sistem sosial
      (Rodgers dan Schoemaker, 1971)
    - Komunikator yang mendapatkan pesan dari media massa yang sangat kuat untuk mempengaruhi
      orang lain
    - Sesuatu yang baru akan menimbulkan keingintahuan masyarakat untuk mengetahuinya

C. Ada 3 tahap Difusi Inovasi
    - Akuisisi informasi, yaitu memperoleh dan mempelajari inovasi (contoh: sistem mengajar baru)
    - Evaluasi informasi, yaitu mempertimbangkan baik buruknya, keuntungan kerugiannya (contoh:
      metode baru di anggap lebih baik)
    - Adobsi atau penolakan, yaitu memkai atau menolak sebuah inovasi tersebut

0 comments:

Post a Comment

 

©Copyright 2011 Memex Indonesia | TNB