A. Asal usul Teori Difusi Inovasi
- Paul Laarfeld, Bernard Borelson dan H Gaudet, 1944 "people choice"
- Kajian tentang peran pemimpin opini
- Inovasi > media > pemimpin opini > khalayak
B. Pengertian Difusi Inovasi
- Proses dimana penemuan disebarkan ada masayarakat yang menjadi anggota sistem sosial
(Rodgers dan Schoemaker, 1971)
- Komunikator yang mendapatkan pesan dari media massa yang sangat kuat untuk mempengaruhi
orang lain
- Sesuatu yang baru akan menimbulkan keingintahuan masyarakat untuk mengetahuinya
C. Ada 3 tahap Difusi Inovasi
- Akuisisi informasi, yaitu memperoleh dan mempelajari inovasi (contoh: sistem mengajar baru)
- Evaluasi informasi, yaitu mempertimbangkan baik buruknya, keuntungan kerugiannya (contoh:
metode baru di anggap lebih baik)
- Adobsi atau penolakan, yaitu memkai atau menolak sebuah inovasi tersebut
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 comments:
Post a Comment