Adapun fungsi komunikasi dalam berorganisasi:
A. Fungsi Produksi dan Pengaturan
Yaitu komunikasi yang berhubungan dengan penyelesaian, pembagian, pekerjaan dalam membantu organisasi mencapai tujuan produksi. Contohnya seperti informasi penjualan, anggaran, pesan pengawasan mutu.
Fungsi komunikasi ini meliputi pesan yang memungkinkan para manajer dan para anggota organisasi untuk:
- Menentukan sasaran dan tujuan
- Merumuskan bidang masalah
- Menilai prestasi
- Mengkordinir tugas-tugas
B. Fungsi pembaharuan
Yaitu kegiatan-kegiatan komunikasi seperti saran di seluruh organisasi, pekerjan penelitian dan pengembangan riset dan analisa pasar. Fungsi ini menjadikan organisasi dapat menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan yang terjadi didalam lingkungan.
C. Fungsi pemasyarakatan dan pemeliharaan
Yaitu kegiatan-kegiatan komunikasi yang menyangkut harga diri para anggota komunikasi, imbalan dan motivasi pegawai, moral, dan hubungan antar pribadi
D. Fungsi Tugas
Yaitu kegiatan-kegiatan komunikasi yang berkenaan dengan pelaksanaan tugas-tugas organisasi oleh anggota organisasi. Pesan ini mencakup pemberian informasi kepada karyawan untuk melakukan tugas mereka secara efisien.
E. Fungsi Perintah
Yaitu komunikasi memperbolehkan anggota organisasi membicarakan, menerima, menafsirkan dan bertindak atas suatu perintah.
F. Fungsi Relasional
Yaitu Komuniaksi yang membolehkan anggota organisasi menciptakan dan mempertahankan bisnis produktif dan hubungan personal dengan anggota organisasi lain.
G. Fungsi Manajemen Ambigu
Yaitu pilihan dalam situasi organisasi sering di buat dalam keadaaan yang sangat ambigu. Misalnya, motivasi berganda muncul karena pilihan yang diambil akan mempengaruhi rekan kerja dan organisasi demikian juga diri sendiri, tujuan oragnisasi ini tidak jelas, tidak sesuai dengan konteks komunikasi.
Hambatan-hambatan komunikasi.
komunikasi dalam berorganisasi tidak selamanya berjalan dengan mulus seperti yang di harapkan. Seringkali dalam komunikasi terjadi kesalahphaman antara satu anggota dengan anggota lain.
Robbins meringkaskan beberapa hambatan komunikasi sebagai berikut:
.A Penyaringan (Filtering)
Hambatan ini merupakan komunikasi yang dimanipulasikan oleh si pengirim sehingga namapak bersifat menyenagkan penerima.
B. Presepsi Selektif
Hamabatan ini merupakan keadaan dimana penerima pesan didalam proses komunikasi melihat dan mendengar atas dasar keperluan, motivasi, latar brlakang pengalaman, dan ciri ciri pribadi lainnya.
C. Perasaan
Hambatan ini merupakan bagaimana perasaaan peenerima pada saat dia menerima pesan komunikasi akan mempengaruhi cara dia menginterpretasikan pesan.
D. Bahasa
Kata-kata memiliki makna yang berbeda antara seseorang dengan orang lain. kadang kadang arti dari sebuah kata tidak berada pada kata itu sendiri tetapi pada kita.
.E.Hambatan Struktur
Hambatan ini bisa disebut hambatan organisasi. yaitu hambatan yang disebabkan oleh adanya perbedaan tingkat, perbedaan job dalam struktur organisasi.
F. Hambatan Jarak
Hambatai ini bisa disebut hambatan geografis, dair segi jarak atau geografis komunikasi akan lebih mudah berlangsung apabila antara kedua belah pihak yang saling mengadakan interkasi itu berada di suatu tempat yang tidak berjauhan
G. Hambatan Latar Belakang
Setiap orang mempunyai latar belakang yang berbeda, perbedaan latar belakang dapat menimbulkan, suatu GAP atau hambatan dalam proses komunikasi.
F. Fungsi Relasional
Yaitu Komuniaksi yang membolehkan anggota organisasi menciptakan dan mempertahankan bisnis produktif dan hubungan personal dengan anggota organisasi lain.
G. Fungsi Manajemen Ambigu
Yaitu pilihan dalam situasi organisasi sering di buat dalam keadaaan yang sangat ambigu. Misalnya, motivasi berganda muncul karena pilihan yang diambil akan mempengaruhi rekan kerja dan organisasi demikian juga diri sendiri, tujuan oragnisasi ini tidak jelas, tidak sesuai dengan konteks komunikasi.
Hambatan-hambatan komunikasi.
komunikasi dalam berorganisasi tidak selamanya berjalan dengan mulus seperti yang di harapkan. Seringkali dalam komunikasi terjadi kesalahphaman antara satu anggota dengan anggota lain.
Robbins meringkaskan beberapa hambatan komunikasi sebagai berikut:
.A Penyaringan (Filtering)
Hambatan ini merupakan komunikasi yang dimanipulasikan oleh si pengirim sehingga namapak bersifat menyenagkan penerima.
B. Presepsi Selektif
Hamabatan ini merupakan keadaan dimana penerima pesan didalam proses komunikasi melihat dan mendengar atas dasar keperluan, motivasi, latar brlakang pengalaman, dan ciri ciri pribadi lainnya.
C. Perasaan
Hambatan ini merupakan bagaimana perasaaan peenerima pada saat dia menerima pesan komunikasi akan mempengaruhi cara dia menginterpretasikan pesan.
D. Bahasa
Kata-kata memiliki makna yang berbeda antara seseorang dengan orang lain. kadang kadang arti dari sebuah kata tidak berada pada kata itu sendiri tetapi pada kita.
.E.Hambatan Struktur
Hambatan ini bisa disebut hambatan organisasi. yaitu hambatan yang disebabkan oleh adanya perbedaan tingkat, perbedaan job dalam struktur organisasi.
F. Hambatan Jarak
Hambatai ini bisa disebut hambatan geografis, dair segi jarak atau geografis komunikasi akan lebih mudah berlangsung apabila antara kedua belah pihak yang saling mengadakan interkasi itu berada di suatu tempat yang tidak berjauhan
G. Hambatan Latar Belakang
Setiap orang mempunyai latar belakang yang berbeda, perbedaan latar belakang dapat menimbulkan, suatu GAP atau hambatan dalam proses komunikasi.
0 comments:
Post a Comment